Segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang makanan India dapat ditemukan dalam satu frasa di buku masak oleh Anupy Singla yang masuk akal.

Buku “India untuk Semua Orang” berisi resep untuk Chana Aloo, hidangan kacang buncis dan kentang kari. Menyebut hidangan yang menenangkan dan sehat, ia menambahkan bahwa itu – dan ini adalah frasa penting – “pilihan makan malam yang mudah.”

Resep untuk Chana Aloo mengandung 19 bahan, dan dua di antaranya adalah campuran bumbu rumit yang ia sarankan untuk Anda buat sendiri. Salah satu campuran rempah-rempah dibuat dari enam bahan, yang lain dari 17 bahan.

Bagi seorang juru masak India, itu adalah pilihan makan malam yang mudah.

Di sisi lain, dan ini tidak dapat cukup ditekankan, banyaknya bahan-bahan ini dan proses yang melelahkan untuk menyatukannya membuat makanan India begitu agung. Hidangan dibuat dari lapis demi lapis rasa, berpadu dalam perpaduan rasa kompleks yang tidak duniawi.

Dengan kata lain, makanan India sepadan dengan usaha. Oh, betapa berharganya itu.

India, negara yang luas dan beragam dengan 22 bahasa resmi dan sembilan agama yang diakui, adalah rumah bagi lebih dari 17 persen dari total populasi dunia. Apa artinya itu dalam istilah kuliner adalah bahwa negara tersebut tidak ditentukan oleh satu gaya memasak saja.

Penduduk Hyderabad, di selatan, dikenal karena biryani mereka – hidangan nasi dengan daging abon. Punjab, di utara, adalah tempat memasak tandoori, dengan makanan yang dimasak dalam oven tanah liat yang panas. Goa, di pantai barat, mengkhususkan diri dalam ikan dan dipengaruhi oleh masakan Portugal, yang pernah dijajah itu. Makanan di Bengal, di timur, sering dimasak dalam minyak mustard dan terkenal karena kehalusan rasanya.

Satu hal yang tetap konstan di seluruh negeri adalah rempah-rempah. Kadang-kadang makanan itu panas, kadang-kadang lebih panas dan kadang-kadang tidak panas sama sekali, tetapi selalu dimasak dengan banyak bumbu. Negara ini penuh dengan rempah-rempah, dari kunyit kuning yang menyengat hingga rasa licorice dari biji adas, dari pala yang memabukkan dan beraroma hingga kehangatan jahe yang tajam.

Ini adalah cara bumbu-bumbu ini dipilih dan dicampur bersama yang memberi makanan India sensibilitas yang sangat maju dan halus.

Anda bisa menghabiskan seumur hidup mempelajari makanan India dan masih belum belajar setengah dari apa yang perlu diketahui tentang subjek ini. Saya memutuskan untuk membuat empat hidangan dan menyebutnya sehari.

Saya mulai dengan Lamb in a Almond Sauce, hidangan yang merangkum semua yang saya sukai tentang makanan India. Ini sup, jadi butuh waktu untuk memasak – dan itu memberi kesempatan rasa untuk berbaur dan bergaul sampai mereka membentuk rasa baru dan bernuansa sendiri.

Lamb in a Almond Sauce adalah contoh sempurna rasa yang ditemukan dalam masakan India. Anda mulai dengan memanggang rempah-rempah, yang meningkatkan kesedihan mereka sambil memberi mereka rasa kurang enak. Kemudian Anda membuat pasta aromatik – bawang putih, jahe dan kunyit, dicampur dengan air.

Setelah membakar kubus daging, Anda mengaramelkan bawang di wajan yang sama. Kemudian Anda menambahkan aromatik campuran dan rempah-rempah panggang, diikuti dengan sedikit yogurt untuk mengurangi flamboyan rasa. Saus tomat berikutnya, menambah jenis karakter lain.

Ini sama mengesankannya dengan apa pun yang Anda temukan di restoran India.

Hidangan berikutnya memiliki nada yang serupa, tetapi sama sekali berbeda – yang merupakan kesenangan dari masakan India. Seperti halnya hidangan domba, Ayam dengan Buah Kering adalah sup (secara teknis, ini adalah rebusan) yang dimasak dengan banyak rempah. Sebenarnya, banyak bumbu bahkan sama.

Tetapi jumlah yang digunakan, dan cara mereka dipersiapkan, menghasilkan pengalaman yang sangat berbeda. Hidangan ini mengambil isyarat dari penggunaan yogurt dan daun ketumbar, yang membentuk struktur di mana bahan lainnya digantung. Rempah-rempah lainnya, meskipun terkenal, mengambil kursi belakang kuliner.

Jika ada masalah dengan Ayam dengan Buah Kering, itu sangat berminyak. Saya membaca sekilas hampir semua minyak, meskipun rasanya sangat beraroma, hanya demi kesehatan. Tampaknya tidak mengurangi hidangan sama sekali.